Translate

Resep Mochi Es Krim Simple, Istimewa, Enak, Lezat Dijamin Ketagihan

Resep Mochi Es Krim Simple, Istimewa, Enak, Lezat Dijamin Ketagihan

Resepsimbak.blogspot.com Mochi merupakan salah satu makanan tradisional dari Jepang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga halus dan lengket kemudian dibentuk bulat. Kue Jepang yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal sehingga banyak orang yang menyukainya. Di Jepang, kue mochi seringkali disajikan ketika perayaan Tahun Baru Jepang yang dikenal sebagai perayaan Mochitsuki. Dengan adanya Mochitsuki, jadi tak aneh lagi jika Orang Jepang menamai kue bentuk imut dengan warna yang cerah ini sebagai “Mochi”. Walaupun begitu, kue mochi juga sering menjadi kue wajib dalam perayaan-perayaan dan hari special lainnya di Jepang. 
Cara membuat atau pengolahan kue mochi ala Indonesia tak jauh beda dengan resep kue mochi ala Jepang. Perbedaan terletak di bentuk serta pengemasannya yang sedikit berbeda. Diantara perbedaan itu adalah jika di Jepang, kue mochi biasanya memiliki ukuran sebesar kepalan tangan kecil. Sedangkan untuk di Indonesia kue mochi  hanya memiliki ukuran sebesar kelereng saja yang dibungkus ke dalam kerang bambu kecil yang berisi sekitar 10 butir kue mochi. Selain itu, di Jepang, kue mochi di dalamnya diisi dengan ice cream. Sedangkan di Indonesia, kue mochi biasanyadiisi dengan kacang tanah dipadukan dengan gula.  Kue Mochi Khas Jepang memang enak loh rasanya. Tidak  cuma itu, kue ini juga kenyal dilidah.
Penasaran, bagaimana cara membuat mochi ice cream ala Jepang dan apa saja bahan-bahannya? Jika anda ingin mengetahuinya anda bisa simak langsung resep dan cara membuat mochi ice cream di bawah ini.
Mochi Es Krim by Sari Utami Kimdonghwa

Bahan
100 gr tepung ketan putih
175 gr gula pasir
200 ml air
1 sachet vanili bubuk
Secukupnya es krim rasa vanila dan strawberry
Secukupnya pewarna merah rose dan hijau
Secukupnya maizena untuk taburan agar tidak lengket
18 bh cetakan kue mangkok / apem


Langkah

  1. Campur jadi satu tepung ketan, gula pasir, vanili, dan air. Aduk rata lalu masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai matang dan lengket.
  2. Bagi dua adonan, lalu masing-masing kasih pewarna merah rose dan hijau. Aduk rata.
  3. Siapkan tempat yg datar atau pakai talenan yang besar, taburi atasnya dengan tepung maizena lalu tuang adonan mochi diatasnya. Lalu guling-gulingkan hingga mochi tidak lengket.
  4. Ambil sedikit adonan mochi lalu pipihkan, isi dengan es krim dan bentuk bulat. Masukan ke cetakan kue mangkok agar bentuknya bulat seperti yang dijual dipasaran 
  5. Masukan freezer semalaman agar mochi es krim beku. 
  6. Setelah beku keluarkan dari cetakan dan mochi es krim siap di nikmati... 


Wah, sangat mudah bukan membuat mochi es krim homemade? Rasanya tak kalah lezat dengan es krim mochi yang dijual diluaran. Agar lumer di mulut pastikan es krim yang digunakan produk es krim yang lembut ya bun. Atau pakai es krim rumahan buatan sendiri juga oke.
Untuk rasa es krim dan warna mochi nya bisa disesuaikan dengan selera ya. Boleh es krim rasa cokelat, rasa mangga, durian serta warna kulit mochinya bisa warna kuning, biru, merah, ungu layaknya pancake yang warna-warni.
Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Mochi Es Krim Simple, Istimewa, Enak, Lezat Dijamin Ketagihan  ini di rumah. Kalau pengin buat kue mochi versi kue mochi asli ala Sukabumi, isian bisa diganti kacang-kacangan, cokelat batangan atau apapun yang disuka. Jadi tak ada batasan berkreasi ya bun, soalnya es krim mochi ini menggunakan bahan adonan dasar kue mochi yang dikombinasikan dengan es krim.
Kalau di rasa bermanfaat, jangan lupa like dan share resep mochi ice cream ini ya bunsay..




Sumber : cookpad
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar