Translate

Resep Gudeg Jogja Maknyuss

resep gudeg jogja
Resep Gudeng Jogja
Resepsimbak.blogspot.com Mendengar kata gudeg tentu pikiran kita melayang kepada satu wilayah yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gudeg menjadi masakan khas dari Yogyakarta yang terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Ketika seseorang berkunjung ke Yogyakarta mereka takkan melewatkan untuk mencicipi gudeg sebagai ciri khas Yogyakarta. Gudeg sangat mudah untuk dibuat di rumah Anda, maka untuk menikmati gudeg tak perlu untuk harus pergi menuju Yogyakarta. Gudeg dibuat dengan menggunakan bahan utama yaitu nangka muda. Biasanya nangka dimakan sebagai buah ketika sudah matang namun ketika masih muda bisa dimanfaatkan untuk membuat gudeg yang sangat nikmat untuk disantap.
Di Yogyakarta, gudeg biasanya dikombinasikan dengan telur atau beberapa bagian dari daging ayam seperti cakar, sayap, paha, dan lain-lain. Namun ketika Anda membuatnya sendiri di rumah, Anda dapat mengkombinasikan sesuai dengan selera Anda. Persiapkan bahan yang tertera di bawah ini dan perhatikan cara membuatnya dengan baik.
Bahan-bahan

- 1/2 kg nangka muda yang telah dipotong-potong menjadi kecil-kecil
- 1500 ml air kelapa
- 3 butir telur rebus
- 100 gr gula merah diiris halus
- 4 lembar daun salam
- 4 iris lengkuas dengan ukuran kecil sesuai selera
- 5 siung bawang putih
- 7 buah bawang merah
- 2 sdt ketumbar
- Garam secukupnya


Cara Membuat

- Gunakan panci besar dan berbahan tebal untuk memasak gudeg nangka.
- Pada dasar panci, beri daun salam dan diatasnya diberi pula irisan lengkuas pada seluruh bagian.
- Haluskan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam hingga merata.
- Campurkan bumbu halus dengan air kelapa sebanyak 500 ml, aduk hingga rata.
- Masukkan berturut-turut nangka muda, gula merah dan telur rebus. Kemudian tambahkan air kelapa bersama dengan bumbu halus hingga telur terendam. Lalu tutup panci dengan rapat lalu masak di atas api sedang selama 2 jam.
- Setelah 2 jam, angkat telur dan sisihkan sementara. Lalu masukkan santan dan aduk perlahan untuk menghancurkan nangka.
- Masukkan kembali telur ke dalam panci hingga terkubur ke dalam nangka.
- Masak kembali masakan gudeg diatas api sedang minimal selama 3 ½ jam dan aduk sesekali agar santan habis dan nangka berwarna coklat kemerahan.
- Gudeg nangka telah matang. Sajikan dengan nasi hangat yang gurih agar cita rasa semakin nikmat.


sumber kerjanya.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar